Category Archives: Culture

WAKATOBI

Sekelumit Cerita Dari Korea

Cerita Pelajar Indonesia yang belajar di negeri ginseng,Cekidot:
klik

Samgyetang

Extra-Ordinary Samgyetang

(Korean Chicken Ginseng Soup)
adaptasi dari sumber resep: Super Natural Samgyetang (www.myepikorean.com) dan Seri Masak Femina Primarasa Hidangan Asia Populer: Masakan Korea dan Vietnam

Bahan kaldu herbal:

  • 3 liter air
  • 15 buah jujube dates
  • 3 buah akar ginseng utuh segar (atau gunakan 2 buah akar ginseng kering berumur > 5 tahun)
  1. Rebus semua bahan dengan slow cooker atau api yang benar-benar kecil selama kurang lebih 10 jam. Tutup panci selama merebus. Saring, sisihkan.

Bahan Isian:

  • 1 ekor (sekitar 1,5 kg) ayam muda utuh (bila ayamnya kecil bisa gunakan 2 ekor)
  • 150 gr beras ketan, cuci bersih
  • 6 siung bawang putih
  • 1 sdt biji wijen putih yang sudah disangrai
  • 1 sdt black pepper, gerus kasar
  • 1/2 sdt garam

Cara Membuat:

  1. Rendam beras ketan selama 1-2 jam, tiriskan, sisihkan
  2. Bersihkan seluruh rongga bagian ayam
  3. Masukkan bawang putih utuh ke dalam rongga ayam
  4. Lumuri bagian dalamnya dengan sedikit garam.
  5. Campur beras, goji berries, sedikit garam, black pepper dan bji wijen. Masukkan ke dalam ayam.
  6. Jahit/tutup rongga ayam dengan benang atau menggunakan lidi. Ikat ujung paha2nya menjadi satu.

Penyelesaian:

Bahan:

  • Kaldu herbal yang sudah disiapkan
  • Ayam yang sudah diisi
  • 10 buah chestnut yang sudah dikupas
  • 2 cm jahe, memarkan
  • garam dan merica secukupnya
  • 1 bonggol bawang putih, biarkan utuh tanpa dikupas
  • 1 batang daun bawang, cincang kasar

Cara Membuat:

  1. Rebus semua bahan tersebut hingga mendidih lalu masak terus dengan slow cooker atau api kecil selama kurang lebih 6 jam. Taburi dengan daun bawang. Sajikan panas-panas.

Kimchi

Satu lagi masakan khas korea ini!!!

Bahan-Bahan :

1 buah sawi putih
1/2 buah bawang bombay, iris tipis
1/4 btg wortel, iris tipis memanjang
1/4 btg lobak putih, iris tipis
4 btg daun bawang.
2 sdm bawang putih, parut
1 sdt jahe, parut
1/2 gelas bubuk cabe Korea
2 sdt garam
1 sdm gula
1/2 gelas garam kasar/garam laut
1 gelas air cup water
1/4 gelas saus ikan Korea
1/3 gelas air
1 sdm tepung

Cara Mengolah :

1. Belah sawi putih menjadi 4 bagian, cuci dan tiriskan. Potong daun bawang menjadi irisan kecil-kecil.
2. Campur 1/2 gelas garam kasar dan 1 gelas air. Masukkan sawi putih ke dalam campuran air garam dan rendam 6-8 jam atau semalam. Cuci dan keringkan.
3. Masukkan 1/3 gelas air dan 1 sdm tepung ke dalam panci di atas api sedang, aduh rata hingga mendidih lalu matikan apinya. Diamkan.
4. Setelah campuran tepung dan air dingin, masukkan bubuk cabe Korea, garam, gula, saus ikan Korea, bawang putih parut dan jahe. Aduk rata lalu masukkan semua sayuran yg tersisa (daun bawang, lobak, wortel).
5. Ambil satu bagian sawi putih lalu isi dengan campuran di atas. Usahakan agar sawi dapat dilipat dua lalu bungkus dengan bagian daunnya.
6. Letakkan di dalam wadah kedap udara dan biarkan semalaman lalu simpan dalam kulkas selama 2-3 hari.
7. Hidangkan dengan nasi.

Sumber:resepkita.com

Cara membuat kimbap

Wah,, kalalu Anda korean lovers,pasti tahu dong makanan yang satu ini.. Ini nih makanan khas korea yang merakyat(menurut saya lho!!!). Kalau boleh dibilang sih,mririp shusi tapi gak mau dibilang shusi,tetap aja kimbap. Kalau mau bikin kimbap ini sih bisa disesuaikan selera karena kalau kimbap asli itu pake daging ham. jadi gini nih cara buatnya:
Bahan-bahan
* Seaweeds wraps (rumput laut yang berupa lembaran)(kim:dalam bahasa korea). Banyak dijual di surermarket.
* Nasi
*jangan lupa bambu penggulung untuk membantu menggulung.(seperti yang diipakai untuk membuat kue).

Untuk isian :

* Wortel yang diiris panjang-panjang dan sudah dikukus/direbus
* Radish (lobak) yang dimasak seperti acar. Sebenarnya yang satu ini hanya ada di supermarket korea*.
* Timun yang diiris memanjang
* Telor dadar yang diiris memanjang
* Bayam yang telah direbus
* Bisa ditambahkan juga tuna kaleng / diganti dengan beef
* Keju yang diiris memanjang
* Biasanya ditambahkan daging kepiting olahan dan sudah disediakan di supermarket *

* Tersedia di supermarket. Tapi mungkin juga dijual di hypermarket di Indonesia

Pada intinya isinya sih sesuai selera kita. Jadi sebenarnya, kita terserah saja mau ngeasih isi apa. Ini sangat mudah kok 😀 Pertama kita taruh 1 lembar kim di atas bambu. Kemudian kita taruh nasi di atas kim dan beri isiannya (wortel, bayam, timun, dll) sehingga seperti gambar pada link ini. Kemudian setelah semua isian sudah ditaruh di atas nasi, kita gulung dengan bantuan bambu . Setelah digulung kemudian diiris.
cara 2:
Kimbab (낌밥)/Rice Roll

Bahan-Bahannya

1. Nasi pulen secukupnya ;dibumbui dengan garam & merica, lalu diaduk (hal ini cuman variasi aja alias kreasi saia sebagai pembuat).
2. Kim/Nori alias rumput laut ; biasanya berbentuk lembaran tipis kaya kertas, jadi gampang banget sobek so you must be careful.

Toping/Isinya

1. Mentimun ; diiris tipis sepeti korek api memanjang, kira-kira 5mm atau sesuai selera.
2. Wortel ; sama seperti mentimun, diiris tipis
3. Tuna kalengan ; tuna di panasin di wajan sampai airnya aga kering
4. Telur dadar ; telur dadar dibumbui merica, garam, dan bila suka ditambahin bubuk cabe lalu di dadar dan dipotong memanjang seperti korek api

*Sebenernya bisa dipakai toping apa saja sesuai selera kita masing-masing, bisa ditambahin ayam filet bumbu teriyaki, ayam saus tiram, kepiting, ataupun beef/bulgogi. Seperti video saia dapat, ada yg ditambahin alpukat, tapi saia belum coba..kapan2 saia coba!!*

Cara membuat
Digulung seperti menggulung roti gulung.
Seharusnya menggunakan rotan, seperti tikar kecil, tapi kalo ga ada ya pake kertas nasi aja *setelah dicoba*, bisa kok..asal hati2!!

1. Letakkan nori/kim, lalu di sisi bawahnya kira kira di 1/4 bagian kim/nori kasih nasinya, lalu disusun mentimun dan wortel setelah itu tengah2nya ditaruh lauknya..lalu gulung pelan2 dari bawah,sambil terus digulung dan ditekan tapi jgn terlalu keras, soalnya nori/kimnya mudah sobek *intinya dengan penuh perasaan*
2. Setelah padat dan digulung, potong perlahan dambil sedikit ditekan agar nori tidak pecah(ingat harus pelan2). lalu susun dah di piring dan siap disantap.

Sumber: http://ricaheekyun.blogspot.com/