Simulasi Alat Penjernih Sederhana

air jenih merupakan kebutuhan vital bagi manusia. Namun untuk mendapatkan air bersih dan jernih adalah hal yang sulit untuk saat ini. banyak sumber-sumber air bersih tercemar. Dahulu air sungai maupun air sumur dapat digunakan untuk kebutuhan hidup,namun saat ini akibat pencemaran air ini tidak dapat digunakan lagi. Sumber pencemaran ini adalah berasal dari limbah rumah tangga dan industri kebanyakan.Untuk itu dibuatlah sebuah alat penjernih sederhana guna mendapatkan air bersih. Alat penjernih ini hanya simulasi sederhana dengan menerapkan konsep yang sudah dipelajari. Kedepannya mudah-mudahan alat ini dapat dibuat dalam kapasitas lebih besar.

PROSEDUR KERJA

Alat dan bahan:

  1. Arang Kayu
  2. Batu
  3. Pasir
  4. Kapas
  5. Kerikil
  6. Ijuk
  7. Kayu
  8. Saringan
  9. Gunting
  10. Kawat
  11. Double Tip
  12. Gergaji
  13. Botol Minuman Kecil

Cara Pembuatan

Pertama cuci semua alat dan bahan sampai  bersih kecuali kapas. Semua bahan ini disusun ke dalam beberapa wadah, untuk kapasitas kecil. Kami menggunakan  beberapa botol kecil yang disusun secara vertikal di papan. Setiap botol kami isi 2 bahan. Botol paling bawah,  kami isi oleh  batu besar dan kerikil yang dilapisi oleh kapas, botol kedua diisi oleh arang dan pasir yang dilapisi juga oleh kapas yang dibasahi air. Botol ketiga diisi oleh ijuk dan pasir.

Untuk mengetes alat penyaringan sederhana tersebut, beri tawas pada air yang kotor. Biarkan kotorannya mengendap. Kemudian masukkan air kotor ke atas alat penyaringan. Tampung hasil penyaringannya dan silahkan gunakan airnya.

KEUNTUNGAN

  1. Air hasil penyaringan cukup bersih untuk keperluan rumah tangga.
  2. Membuatnya cukup mudah dan sederhana pemeliharaannya.
  3. Bahan-bahan yang digunakan mudah didapatkan.

KERUGIAN

  1. Arang tempurung biasanya paling lama 3 bulan sekali harus diganti dengan yang baru.
  2. Tidak bisa digunakan untuk menyaring air yang mengandung bahan-bahan kimia seperti air buangan dari pabrik, karena cara ini hanya untuk menyaring air keruh, tapi bukan menyaring air yang mengandung zat kimia tertentu.Untuk keperluan air minum harus dimasak terlebih dahulu sampai mendidih.

Aspek yang paling menarik dari sistem saringan air adalah pengoperasiannya sederhana, mudah dan murah. Apabila konstruksi saringan dirancang sesuai dengan kriteria perencanaan, maka alat ini dapat menghasilkan hasil yang baik dan murah.

Sistem saringanair ini  sangat sesuai diterapkan dalam percobaan di laboratorium karena sistem ini cukup sederhana baik dari segi konstruksi operasionalnya , serta biaya operasinya sangat murah. Di samping itu, sistem saringan air  ini dapat dirancang mulai dari kapasitas yang kecil sampai kapasitas yang besar.

Iklan

About robiahadawiyah

IMPIAN,IMPIAN,DAN IMPIAN

Posted on September 6, 2011, in Basic Chemistry, KIMIA LINGKUNGAN. Bookmark the permalink. 10 Komentar.

  1. makasih banyak om, rencananya ni mau di pakai buat filter akuarium saya..hehehe
    ayayawae.wordpress.com….

  2. Bagus n siip… praktis lagi

  3. thnks infonya :3

  4. maaf mbak sy tertarik dg artikel d atas dan sy tertarik pengen cobain drmh sy. air pdam drmh saya keruh sekali mbak, berbau dan kalo dpake buat mandi sabunnya krg berbusa. kl mbak berkenan bisa kirimin saya cara pembuatannya secara detil skalian sm gambarnya ya mbak, takut salah2 mbak.. email saya johanhendry@gmail.com. trims ya mbak, wassalam..

  5. terima kasih infonya,, sangat membantu 🙂

  6. terima kasih infonya 🙂

  1. Ping-balik: Beberapa teknik penjernihan air sederhana | Pangkalan Maya Bandung 19 - 20

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: