WAKATOBI

Pernah dengar tentang daerah yang satu ini?. Kali ini admin akan coba membahas sedikit mengenai Wakatobi. Wakatobi adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara,Indonesia. Wakatobi terletak di wilayah Segitiga Karang Dunia. Memiliki 750 dari 850 spesies koral yang ada.  Kabupaten ini memiliki taman nasional yang bernama Taman Nasional Wakatobi. Taman Nasional Wakatobi memiliki 25 buah gugusan terumbu karang.Dengan keliling pantai dari pulau-pulau karang sepanjang 600 km.Ada lebih dari 112 jenis karang dari 13 famili diantaranya,Acropora formosa, A. hyacinthus, Psammocora profundasafla, Pavona cactus, Leptoseris yabei, Fungia molucensis, Lobophyllia robusta, Merulina ampliata. Juga memiliki 93 jenis ikan konsumsi perdagangan dan hias seperti ikan baronang (Siganus guttatus). Bahkan menurut Hugua perairan laut Wakatobi dihuni oleh berbagai biota laut dan 942 jenis iklan.  Baru-baru ini kawasan perairan laut Wakatobi ditetapkan sebagai Cagar Biosfir Dunia oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) melalui UNESCO. Adapun yang menjadi pertimbangan UNESCO mentapkan Wakatobi sebagai Cagar Biosfir Dunia karena Wakatobi memiliki keragaman terumbu karang yakni 90 persen dari seluruh spesies terumbu karang di dunia. Selain itu,menurut Hugea alasan lainnya adalah karena kebijakan pemerintah Wakatobi yang menjaga tetap berjalannya kegiatan konservasi alam di Wakatobi. Rencananya penghargaan itu akan diberikan bulan september mendatang.

Acropora Formosa

 Masyarakat asli yang tinggal di daerah Wakatobi adalah suku bajau.Suku ini terkenal akan kemampuannya menyelam tanpa alat penombak ikan. Mereka juga terkenal dengan sebutan manusia berperahu. Lokasi yang menarik untuk dikunjungi adalah Pulau Hoga,Pulau Binongko,dan Resort Tamia.  Musim yang baik unuk kunjungan adalah bulan april sampai Juni dan Oktober sampai Desember setiap tahunnya.

Untuk mencapai Wakatobi ini cukup mudah. Untuk mencapai Makassar Kita dapat memakai maskapai penerbangan apapun,namun usahakan penerbangan ini tiba sebelum jadwal penerbangan menuju Wakatobi. Kemudian Kita dapat memakai Express air untuk mencapai Wangi-Wangi,ibukota Wakatobi. Express air ini hanya melayani sekali penerbangan dalam sehari dari Makassar menuju Wangi-Wangi. Penerbangn ini menggunakan pesawat kecil dengan muatan 30 orang,berangkat pukul 08.00 WITA,dan akan transit di Bau-Bau. Kemudian dari Wangi-Wangi kita dapat menaiki ojek ataupun taksi untuk mencari penginapan. Namun kebanyakan taksi tidak memakai argo,sehingga kita harus survey terlebih dahulu.  Alternatif untuk penginapan ada rumah warga,hotel standar,dan resort.

Setelah itu Kita dapat memulai kegiatan di Wakatobi ini. Ada Diving (Fluo-Diving,The Wakatobi Dive Yacht,Personal Dive Genie,Technical Diving,de el el) dan ada Snorkeling. Kita juga dapat menyewa peralatan Diving,jadi gak usah repot bawa-bawa dari rumah. Untuk pemandu kita dapt menghubungi kantor WWF Wakatobi karena biasanya mereka memiliki kenalan penduduk yang dapat memandu dalam kegiatan diving. Jika ingin mengunjungi daerah sekitar ada speedboat yang dapat mengantarkan Kita. Selain keindahan lautnya,Kita juga dapat menikmati atraksi lumba-lumba,melihat sunset dan sunrise,serta melihat taburan bintang di malam hari.

  • Rincian biaya (ini admin dapat dari kompas.com)

Dari Jakarta sampai Wangi-Wangi dengan Express air: Rp.1,9 juta-an.

Sewa Taksi seharian: Rp.250.000,-

Penginapan: untuk rumah warga Rp.50.000,-/malam,Untuk hotel standar Rp. 150.000 s/d 300.000/malam,Untuk resort Rp. 500.000,- s/d 1.500.000,-/malam

Ada paket penyewaan penginapan,guide,alat menyelam,dan kapal dengan harga Rp.1.000.000,-/hari,dengan syarat minimal 4 orang.

So,tunggu apa lagi.. Let’s Visit Wakatobi. Jika Korea ada Visit Year Korea maka Indonesia ada Visit Indonesia.

Sumber:
kompas.com
dephut.go.id
indonesiaberprestasi.web.id
wakatobi.com
wikipedia.com

Iklan

Posted on Juli 17, 2011, in Budaya, Chocolates, Culture, my words. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: