Cara membuat kimbap

Wah,, kalalu Anda korean lovers,pasti tahu dong makanan yang satu ini.. Ini nih makanan khas korea yang merakyat(menurut saya lho!!!). Kalau boleh dibilang sih,mririp shusi tapi gak mau dibilang shusi,tetap aja kimbap. Kalau mau bikin kimbap ini sih bisa disesuaikan selera karena kalau kimbap asli itu pake daging ham. jadi gini nih cara buatnya:
Bahan-bahan
* Seaweeds wraps (rumput laut yang berupa lembaran)(kim:dalam bahasa korea). Banyak dijual di surermarket.
* Nasi
*jangan lupa bambu penggulung untuk membantu menggulung.(seperti yang diipakai untuk membuat kue).

Untuk isian :

* Wortel yang diiris panjang-panjang dan sudah dikukus/direbus
* Radish (lobak) yang dimasak seperti acar. Sebenarnya yang satu ini hanya ada di supermarket korea*.
* Timun yang diiris memanjang
* Telor dadar yang diiris memanjang
* Bayam yang telah direbus
* Bisa ditambahkan juga tuna kaleng / diganti dengan beef
* Keju yang diiris memanjang
* Biasanya ditambahkan daging kepiting olahan dan sudah disediakan di supermarket *

* Tersedia di supermarket. Tapi mungkin juga dijual di hypermarket di Indonesia

Pada intinya isinya sih sesuai selera kita. Jadi sebenarnya, kita terserah saja mau ngeasih isi apa. Ini sangat mudah kok 😀 Pertama kita taruh 1 lembar kim di atas bambu. Kemudian kita taruh nasi di atas kim dan beri isiannya (wortel, bayam, timun, dll) sehingga seperti gambar pada link ini. Kemudian setelah semua isian sudah ditaruh di atas nasi, kita gulung dengan bantuan bambu . Setelah digulung kemudian diiris.
cara 2:
Kimbab (낌밥)/Rice Roll

Bahan-Bahannya

1. Nasi pulen secukupnya ;dibumbui dengan garam & merica, lalu diaduk (hal ini cuman variasi aja alias kreasi saia sebagai pembuat).
2. Kim/Nori alias rumput laut ; biasanya berbentuk lembaran tipis kaya kertas, jadi gampang banget sobek so you must be careful.

Toping/Isinya

1. Mentimun ; diiris tipis sepeti korek api memanjang, kira-kira 5mm atau sesuai selera.
2. Wortel ; sama seperti mentimun, diiris tipis
3. Tuna kalengan ; tuna di panasin di wajan sampai airnya aga kering
4. Telur dadar ; telur dadar dibumbui merica, garam, dan bila suka ditambahin bubuk cabe lalu di dadar dan dipotong memanjang seperti korek api

*Sebenernya bisa dipakai toping apa saja sesuai selera kita masing-masing, bisa ditambahin ayam filet bumbu teriyaki, ayam saus tiram, kepiting, ataupun beef/bulgogi. Seperti video saia dapat, ada yg ditambahin alpukat, tapi saia belum coba..kapan2 saia coba!!*

Cara membuat
Digulung seperti menggulung roti gulung.
Seharusnya menggunakan rotan, seperti tikar kecil, tapi kalo ga ada ya pake kertas nasi aja *setelah dicoba*, bisa kok..asal hati2!!

1. Letakkan nori/kim, lalu di sisi bawahnya kira kira di 1/4 bagian kim/nori kasih nasinya, lalu disusun mentimun dan wortel setelah itu tengah2nya ditaruh lauknya..lalu gulung pelan2 dari bawah,sambil terus digulung dan ditekan tapi jgn terlalu keras, soalnya nori/kimnya mudah sobek *intinya dengan penuh perasaan*
2. Setelah padat dan digulung, potong perlahan dambil sedikit ditekan agar nori tidak pecah(ingat harus pelan2). lalu susun dah di piring dan siap disantap.

Sumber: http://ricaheekyun.blogspot.com/

Iklan

About robiahadawiyah

IMPIAN,IMPIAN,DAN IMPIAN

Posted on Mei 14, 2011, in Culture, Interest. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: